Keindahan Pantai Pasir Perawan Pulau Pari

Pantai Pasir Perawan Pulau Pari mempunyai keindahan yang sudah terkenal di kalangan pecinta wisata backpacker kepulauan seribu. Keindahan ini terutama karena pantai pasir putih dan alamnya sangat natural. Ini terlihat dari warna pasirnya putih dan bersih. Pepohonan disekitarnya juga nampak rindang dan alami. Beberapa bangunan non permanen juga didirikan disana untuk berteduh dan bersantai. Tempat ini akan ramai pada waktu liburan datang. Hampir semua pengunjung akan berkumpul disini terutama pagi dan sore hari. Selain terdapat pantai dengan pasit putih disekitarnya juga terdapat gugusan lagoon beserta rindangnya vegetasi mangrove. Pohon bakau ( mangrove ) ini berfungsi sebagai penahan ombak untuk mengurangi abrasi. Tidak heran jika sampai saat ini pantai ini masih terjaga kondisi dengan baik.

Ramainya pengunjung setiap akhir pekan dimanfaatkan oleh sebagian warga pulau pari. Mereka ada yang menjual makanan ringan dan juga souvenir. Ada juga warga yang menyewakan perahu sampan untuk berkeliling sekitar pantai pasir perawan ini. Perahu sampain ini bisa dinaiki oleh 3 – 5 orang dengan tarif 35.ooo – 50.000 rupiah sekali trip.

Para wisatawan yang gemar backpacker juga dapat mendirikan tenda untuk berkemah disini. Jika berminat berkemah pengunjung dapat meminta ijin terlebih dahulu dan juga membayar uang kebersihan. Diharapkan mereka yang berkemah dapat menjaga ketertiban dan kebersihan disana. Hal ini penting untuk menjaga agar pantai tidak rusak dan kotor.

Mitos Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan mempunyai mitos yang dipercaya sebagian penduduk disana. Konon katanya dulu ada seorang anak gadis yang bermain disekitar pantai sebelah utara pulau pari. Setelah sekian waktu ternyata tiba-tiba gadis itu menghilang entah kemana. Warga coba mencari keseluruh pelosok pulau namun tidak ditemukan. Tempat gadis terakhir tersebut menghilang inilah yang kemudian diberi nama Pantai Pasir Perawan atau Pantai Perawan. Pantai Pasir Perawan mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak ramainya wisata pulau pari. Hingga saat ini pantai pasir perawan masih menjadi andalan objek wisata di pulau pari.

Gubernur Jakarta Joko Widodo juga pernah singgah di pantai pasir perawan ketika acara pelantikan Bupati Kepulauan Seribu yang baru. Menurut beliau pantai di pulau pari harus terus dijaga kebersihan dan kelestariannya agar bisa menjadi wisata unggulan di kepulauan seribu dan jakarta.

(Visited 220 times, 1 visits today)

AuthorMunjirin Irin

Blogger Amatir dan Guide di Pulau Tidung Follow me on twitter @masmuntidung Or add me on FB @munjirin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *