Bridge Jumping Jembatan Cinta Pulau Tidung

Bridge Jumping di Jembatan Cinta Pulau Tidung adalah objek wisata gratis yang bisa dicoba oleh setiap pengunjung. Jembatan Cinta mempunyai bentuk yang unik dengan lengkungan tinggi di salah satu ujungnya. Lengkungan tinggi ini biasa digunakan untuk lalu-lintas kapal-kapal berukuran kecil seperti kapal nelayan, kapal speedboat, jetsky dan boat penarik banana atau sofa. Karena bentuk lengkungan ini lumayan tinggi kemudian banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk melakukan aktifitas olah raga yang mengadu adrenalin yaitu Bridge Jumping ( lompat dari jembatan ).

Mitos Jembatan Cinta

Jembatan Cinta dulunya hanyalah sebuah jembatan penyeberangan dari dan ke pulau tidung kecil. Letaknya yang strategis membuat pemandangan diatas jembatan ini begitu indah. Entah siapa yang memulai tapi kemudian berkembang istilah jembatan cinta. Menurut penuturan beberapa warga, awal mula disebut jembatan cinta karena ada beberapa pasangan muda-mudi yang datang di pulau tidung dan kemudian mereka singgah di jembatan ini kemudian akhirnya cinta mereka berlabuh di pelaminan. Dari sinilah kemudian mereka menamakan jembatan ini sebagai “Jembatan Cinta”. Ada juga alasan lain mengapa istilah ini dikenal luas, menurut saya lebih karena pemandangan romantis terutama menjelang senja dan terbitnya matahari. Banyak pasangan pra-nikah yang menghabiskan waktu disana untuk mendapat suasana romantis itu.

Mitos jembatan cinta yang sampai saat masih dipercaya oleh sebagian orang adalah siapa saja yang mempunyai hajat atau keinginan terutama untuk mendapatkan pasangan, dengan melompat dari jembatan cinta seraya menyebutkan keinginannya tersebut niscaya keinginannya untuk mendapatkan jodoh akan terkabul. Anda boleh percaya boleh juga tidak, namanya juga mitos. Tapi bagi penulis pribadi jika melakukan bridge jumping di sini kita bisa melepas beban sejenak. Ketika kita melompat sambil berteriak maka adrenalin akan naik dan byuur begitu mendarat di air kita merasa lebih Lega dan Plong bagaikan ada beban yang hilang dari pundak kita.

Salah satu hal yang perlu diingat adalah sebelum melompat selalu perhatikan keadaan sekitar karena area ini ramai hilir mudik kapal snorkeling, banana boat, sofa boat, jetsky  dari beberapa penyedia rental water sport disana. Jika tidak hati-hati bisa saja anda jatuh pada tempat yang salah atau malah bertumbukan dengan kapal snorkeling atau banana boat. Hal ini pernah terjadi beberapa waktu yang lalu karena pengunjung yang tidak memperhatikan daerah sekitarnya sebelum melompat. Mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi lagi agar objek wisata jembatan cinta tetap menarik dan aman.

(Visited 188 times, 1 visits today)

AuthorMunjirin Irin

Blogger Amatir dan Guide di Pulau Tidung Follow me on twitter @masmuntidung Or add me on FB @munjirin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *